Kamis, 09 November 2017

Metode Pengendalian dan Pemeriksaan Berkala Tabung APAR serta Format Kartunya

APAR atau alat pemadam api ringan ini merupakan salah satu alat pemadam api kebakaran jenis portable. Sebagai alat yang digunakan untuk kesiagaan dan hanya digunakan dalam situasi mendesak, APAR harus selalu dijaga dan diperiksa secara berkala. Pemeriksaan ini demi memastikan bahwa APAR tersebut memiliki kondisi prima sehingga selalu siap siaga kapan pun dibutuhkan. Pada umumnya, pengecekan APAR dapat dilakukan per jangka waktu 1 bulan, per 3 bulan, bahkan hingga per 6 bulan sekali.
Pemeriksaan APAR dapat dilakukan dengan berbagai metode antara lain menggunakan metode manual dan metode ceklist
- Metode Manual adalah metode pemeriksaan dengan menggunakan ingatan memeriksa secara langsung tanpa adanya tuntutan bagian yang diperiksa dan jangka waktu dalam pelaksanaannya, dan segera melaporkan ketika ditemukan adanya kekurangan.
- Metode Ceklist adalah metode pemeriksaan dengan menggunaan format ceklist yang tertulis yang mengharuskan pemeriksa melakukan pemeriksaan pada bagian-bagian yang telah dituliskan dan secara berkala terjadwal pelaksanaannya. Metode ini lebih baik karena terprogram dan terjadwal.

Dalam metode ceklist yang perlu diperhatikan antara lain:

Image result for pin apar

1. Identitas APAR, antara lain :

  • No APAR
  • Lokasi Penempatan APAR
  • Jenis isi APAR
  • Tanggal Pengisian
  • Waktu Berlaku dan Tanggal Jatuh Tempo untuk isi ulang
2. Tanggal dan Bulan Pemeriksaan
3. Pin/Segel APAR : Apakah dalam kondisi baik dan masih terpasang secara benar?
4. Selang dan Nozzle APAR : Apakah tidak ada materi yang dapat menyumbatnya dan dalam keadaan baik?
5. Gauge Pressure/ Tekanan : Apakah masih berfungsi dengan normal? Apakah jarum tekanan APAR pada area hijau dan tidak pada jarum merah / recharge?
6. Handle APAR : Apakah dalam kondisi baik dan tidak rusak atau lepas?
7. Tabung APAR : Apakah tabung dalam kondisi baik dan tidak berkarat?
8. Isi APAR : Tidak terdengar suara isi APAR jatuh ketika dibalikkan?

Berikut ini contoh format kartu ceklist APAR:






No Dokumen : xxx/xxx/xxxxx                 Rev. xx               Tgl Berlaku xx/xx/xxxx


KARTU PERIKSA APAR
NO. 0__ / APAR / TH. 20___

Lokasi / No.                             :______________________ / _____
Kode / Batch Number             :________ / __________________
Tgl Pengisian                          :____________________________
Waktu Berlaku                       :____________ - ______________
NO
TGL
BULAN  
1
2
3
4
5
6
TTD/NAMA
1

Januari















2

Februari















3

Maret















4

April















5

Mei















6

Juni
















1

Juli















2

Agustus















3

September















4

Oktober















5

November















6

Desember
















PENGISIAN: Ö = YA ; X = TIDAK
KETERANGAN:
1.       Apakah APAR masih tersegel dengan baik?
2.       Apakah Nozzle APAR dalam kondisi baik?
3.       Apakah Tekanan APAR dalam kondisi baik?
4.       Apakah Handle APAR dalam kondisi baik?
5.       Apakah Tabung APAR dalam kondisi baik?
6.       Apakah Isi APAR dalam kondisi baik?

Petunjuk Pengisian Kartu Periksa APAR:
Lokasi
Lokasi penempatan APAR
No
Nomer Tabung APAR yang menempel dan tertera pada tabung.
Kode
Diisi dengan jenis isi tabung APAR
Batch Number
Diisi dengan Batch Number yang tertera pada tabung APAR atau jika tidak ada dapat diisi dengan penyedia tabung APAR.
Tgl. Pengisian
Diisi dengan tanggal terakhir pengisian tabung.
Waktu Berlaku
Diisi dengan masa berlaku tabung APAR.
TGL
Diisi dengan tanggal pemeriksaan tabung APAR.
Kriteria Baik pada Kondisi APAR
1.
Segel APAR tidak rusak dan terpasang dengan baik.
2.
Nozzle APAR tidak tersumbat dan dalam keadaan baik.
3.
Jarum tekanan APAR pada area hijau.
4.
Handle APAR dalam kondisi baik dan tidak rusak atau lepas.
5.
Tabung APAR dalam kondisi baik dan tidak berkarat?
6.
Tidak terdengar suara isi APAR jatuh ketika dibalikkan.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Mengajukan Klaim JKK BPJS Ketenagakerjaan

JKK merupakan singkatan dari Jaminan Kecelakaan Kerja, sebuah program yang dimiliki BPJS Ketenagakerjaan untuk memberikan perlindungan at...