APAR atau alat pemadam api ringan ini merupakan salah satu alat pemadam api kebakaran jenis portable. Sebagai alat yang digunakan untuk kesiagaan dan hanya digunakan dalam situasi mendesak, APAR harus selalu dijaga dan diperiksa secara berkala. Pemeriksaan ini demi memastikan bahwa APAR tersebut memiliki kondisi prima sehingga selalu siap siaga kapan pun dibutuhkan. Pada umumnya, pengecekan APAR dapat dilakukan per jangka waktu 1 bulan, per 3 bulan, bahkan hingga per 6 bulan sekali.
Pemeriksaan APAR dapat dilakukan dengan berbagai metode antara lain menggunakan metode manual dan metode ceklist.
- Metode Manual adalah metode pemeriksaan dengan menggunakan ingatan memeriksa secara langsung tanpa adanya tuntutan bagian yang diperiksa dan jangka waktu dalam pelaksanaannya, dan segera melaporkan ketika ditemukan adanya kekurangan.
- Metode Ceklist adalah metode pemeriksaan dengan menggunaan format ceklist yang tertulis yang mengharuskan pemeriksa melakukan pemeriksaan pada bagian-bagian yang telah dituliskan dan secara berkala terjadwal pelaksanaannya. Metode ini lebih baik karena terprogram dan terjadwal.
Dalam metode ceklist yang perlu diperhatikan antara lain:

1. Identitas APAR, antara lain :
- No APAR
- Lokasi Penempatan APAR
- Jenis isi APAR
- Tanggal Pengisian
- Waktu Berlaku dan Tanggal Jatuh Tempo untuk isi ulang
2. Tanggal dan Bulan Pemeriksaan
3. Pin/Segel APAR : Apakah dalam kondisi baik dan masih terpasang secara benar?
4. Selang dan Nozzle
APAR : Apakah tidak ada materi yang dapat menyumbatnya dan dalam keadaan baik?
5. Gauge Pressure/ Tekanan : Apakah masih berfungsi dengan normal? Apakah jarum
tekanan APAR pada area hijau dan tidak pada jarum merah / recharge?
6. Handle
APAR : Apakah dalam kondisi baik dan tidak rusak atau lepas?
7. Tabung APAR : Apakah tabung dalam kondisi baik dan tidak berkarat?
8. Isi APAR : Tidak
terdengar suara isi APAR jatuh ketika dibalikkan?
Berikut ini contoh format kartu ceklist APAR:
No Dokumen : xxx/xxx/xxxxx Rev. xx Tgl Berlaku xx/xx/xxxx
KARTU PERIKSA APAR
NO. 0__ / APAR / TH. 20___
Lokasi / No. :______________________
/ _____
Kode / Batch Number :________
/ __________________
Tgl Pengisian :____________________________
Waktu Berlaku :____________
- ______________
NO
|
TGL
|
BULAN
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
TTD/NAMA
|
1
|
Januari
|
||||||||
2
|
Februari
|
||||||||
3
|
Maret
|
||||||||
4
|
April
|
||||||||
5
|
Mei
|
||||||||
6
|
Juni
|
||||||||
1
|
Juli
|
||||||||
2
|
Agustus
|
||||||||
3
|
September
|
||||||||
4
|
Oktober
|
||||||||
5
|
November
|
||||||||
6
|
Desember
|
||||||||
PENGISIAN: Ö = YA ; X = TIDAK
KETERANGAN:
1.
Apakah
APAR masih tersegel dengan baik?
2.
Apakah
Nozzle APAR dalam kondisi baik?
3.
Apakah
Tekanan APAR dalam kondisi baik?
4.
Apakah
Handle APAR dalam kondisi baik?
5.
Apakah
Tabung APAR dalam kondisi baik?
6.
Apakah
Isi APAR dalam kondisi baik?
Petunjuk Pengisian Kartu
Periksa APAR:
Lokasi
|
Lokasi penempatan APAR
|
|
No
|
Nomer Tabung APAR yang menempel dan tertera pada
tabung.
|
|
Kode
|
Diisi dengan jenis isi tabung APAR
|
|
Batch Number
|
Diisi dengan Batch Number yang tertera pada
tabung APAR atau jika tidak ada dapat diisi dengan penyedia tabung APAR.
|
|
Tgl. Pengisian
|
Diisi dengan tanggal terakhir pengisian tabung.
|
|
Waktu Berlaku
|
Diisi dengan masa berlaku tabung APAR.
|
|
TGL
|
Diisi dengan tanggal pemeriksaan tabung APAR.
|
|
Kriteria Baik pada Kondisi APAR
|
||
1.
|
Segel APAR tidak rusak dan terpasang dengan
baik.
|
|
2.
|
Nozzle APAR tidak tersumbat dan dalam keadaan
baik.
|
|
3.
|
Jarum tekanan APAR pada area hijau.
|
|
4.
|
Handle APAR dalam kondisi baik dan tidak rusak
atau lepas.
|
|
5.
|
Tabung APAR dalam kondisi baik dan tidak berkarat? | |
6.
|
Tidak terdengar suara isi APAR jatuh ketika
dibalikkan.
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar